Skip to main content

Anak Gadisnya yang Baru 19 Tahun Kini Sah Jadi Istri UAS, Mertua Ustaz Abdul Somad Ternyata Bukan Sosok Sembarangan, Tetangga Bongkar Sikap Aslinya


Putrinya resmi jadi istri UAS, sosok mertua Ustaz Abdul Somad pun kini mulai jadi perhatian publik.

Bagaimana tidak, mertua Ustaz Abdul Somad ternyata merupakan sosok yang cukup terkenal di lingkungan rumahnya, di Jombang, Jawa Timur.

Lalu seperti apakah sosok mertua Ustaz Abdul Somad di mata para tetangganya?

Seperti yang telah dikabarkan Grid.ID sebelumnya, UAS alias Ustaz Abdul Somad baru saja melangsungkan pernikahan dengan seorang gadis cantik bernama Fatimah Az Zahra Salim Barabud.

Tentunya banyak publik yang penasaran dengan sosok istri Ustaz Abdul Somad yang baru ini.

Terungkap jika istri Ustaz Abdul Somad ini datang dari keluarga terpandang.

Bahkan mertua Ustaz Abdul Somad pun memiliki cerita sendiri di kalangan tetangganya.

Sosok mertua Ustaz Abdul Somad

Istri Ustaz Abdul Somad itu adalah seorang gadis bersama Fatimah Az Zahra Salim Barabud asal Jombang, Jawa Timur.

Fatimah adalah putri Salim Sholeh Barabud, warga Perum Kepuh Permai di Desa Kepuhkembeng, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang, Jawa Timur (Jatim).

Fatimah adalah gadis kelahiran Jombang pada tanggal 1 Oktober 2001 atau berusia 19 tahun.

Saat ini Fatimah tercatat sebagai santri di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri, Jawa Timur.

Dari pengamatan Surya.co.id, Minggu (25/04/2021), lingkungan rumah calon pengantin putri saat itu kondisi sepi, terlihat tertutup.


Tampak sebuah mobil putih dan sepeda motor terparkir di teras rumah.

Ketua RW Perum Kepuh Permai, Pujiono (61) mengatakan pihak keluarga yang bersangkutan memang belum membuat pemberitahuan secara resmi terkait rencana pernikahan salah satu warganya bernama Fatimah Az Zahra Salim Barabud dengan Ustadz Abdul Somad Batubara.

Namun, ibunda Fatimah atau yang akrab disapa Umi sudah pernah berbicara tentang rencana pernikahan putrinya tersebut.

Saat itu, Umi seringkali bercerita dengan Ketua RW, seandainya akan menikahkan putrinya saat pandemi apakah tidak menjadikan masalah bagi warga setempat.

Sebab, calon suami anaknya nanti adalah salah satu dai kondang namun kala itu yang bersangkutan tidak menyebutkan nama UAS.

"Jadi Umi (Ibu Fatimah, Red) sudah bercerita terkait rencana pernikahan putrinya dengan dai kondang tapi dia tidak menyebut namanya, ya sekitar bulan Maret kemarin," ungkap Pujiono saat ditemui di kediamannya, Minggu (25/4/2021).

Pujiono menyebut masyarakat setempat tidak ada masalah jika ada warganya menikah dengan ustad kondang.

Namun, tentunya dia menyarankan agar yang bersangkutan ketika menyelenggarakan pernikahan tetap harus izin dan wajib menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat.

Dikutip Surya.co.id, rencananya, resepsi pernikahan UAS dengan Fatimah akan digelar di salah satu hotel yang berada arah timur dari rumah calon istrinya.

"Saya belum dihubungi sama yang bersangkutan terkait kepastian pernikahan itu namun informasinya bulan Mei, namun yang jelas memang sudah sejak lama cerita terkait rencana pernikahan putrinya," jelasnya.

Menurut dia, keluarga Fatimah dikenal baik dan sering bersosialisasi bersama warga setempat.

Apalagi, ayah dari Fatimah adalah mantan ketua RW periode pertama dan dikenal humoris dan senang mengobrol dengan tetangga.

"Kalau keluarganya itu baik, sering mengobrol sama warga di sini," ucap Pujiono.

Dia menjelaskan keluarga Barabud sudah tinggal di lingkungan perumahan Kepuh Permai sekitar tahun 1997.

Sepengetahuan dia keluarga Fatimah berasal dari Peterongan dan memiliki usaha di daerah Sumobito, Kabupaten Jombang.

Warga setempat jarang bertemu dengan Fatimah lantaran dia sudah mondok di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri, Jawa Timur, sejak kecil.

"Kondisi rumah yang bersangkutan memang selalu tertutup kalau ada orangnya biasanya pintu bagian samping dapur terbuka," terangnya.


Dikonfirmasi terpisah, Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam, Kemenag Jombang, Ilham Rohim membenarkan terkait rencana pernikahan Abdul Somad Batubara dengan seorang gadis bernama Fatimah Az Zahra Salim Barabud.

Ini diperkuat adanya dokumen berkas persyaratan pernikahan yang dibawa oleh wali mempelai putri yaitu Salim Barabud sudah didaftarkan ke kantor KUA Peterongan pada Selasa 6 April 2021.

"Keluarga mendaftarkan dengan membawa berkas persyaratan pernikahan mulai dari CN1-N4, rekomendasi nikah lalu KK dan KTP, akta cerai untuk calon suami dan perlengkapan administrasi dari calon mempelai putri," bebernya.

Sesuai dokumen persyaratan pernikahan itu status dari calon suami bernama Abdul Somad Batubara (44) Bin Bakhtiar adalah duda cerai.

Sedangkan, calon istri Fatimah Az Zahra Salim Barabud (19) statusnya gadis (Belum pernah menikah).

"Berkas persyaratan pernikahan yang bersangkutan sudah didaftarkan dan diinput melalui Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH) sehingga menunggu pemeriksaan dokumen lebih lanjut," kata Ilham.

Ilham mengatakan rencananya, pemeriksaan dokumen administrasi persyaratan pernikahan atau Rapak dari UAS dan calon mempelai putri akan dilakukan dua pekan atau sepekan menjelang akad nikah.

Sementara itu, pihak KUA Peterongan akan menghubungi yang bersangkutan untuk menyesuaikan jadwal karena kesibukan UAS termasuk pelaksanaan bimbingan pernikahan.

Semula dikabarkan pelaksanaan akad nikah UAS dan Fatimah akan berlangsung pada Senin 17 Mei 2021.

(*)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar