Skip to main content

Penampilan Ashanty dan Krisdayanti Kala 7 Bulanan Aurel & Atta Tuai Sorotan, Caren Delano Bereaksi


Penampilan Ashanty dan Krisdayanti kala hadir di acara 7 bulanan Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar menuai sorotan.

Keadaan ini membuat sang desainernya, Caren Delano memberikan penjelasan terkait ini.

Diketahui, tepat pada Sabtu 18 Desember 2021 kemarin, Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar menggelar acara tujuh bulanan.

Acara mitoni anak pertama mereka itu digelar dengan megah di sebuah hotel ternama di Jakarta.

Dalam acara tersebut, tampak sederet artis populer Tanah Air pun turut hadir, mulai dari Lesti Kejora, Paula Verhoeven dan lain sebagainnya.

Penampilan para selebriti ini pun banyak mencuri perhatian publik.

Namun, netizen justru fokus menyoroti penampilan Ashanty dan Krisdayanti.

Banyak yang menilai bahwa fashion yang dikenakan Ashanty selalu ketinggalan dari Krisdayanti.

Mendengar hal itu, Caren Delano sebagai desainer yang ditunjuk Aurel dalam mendesain baju di acara mitoni itu pun angkat bicara.

Caren Delano mengatakan bahwa setiap perempuan memiliki karakter dan selera masing-masing.

"Nggak juga, mungkin beda lah ya. Karena kan setiap karakter perempuan kan berbeda-beda," ucapnya, dilansir Tribun Style dari YouTube Populer Seleb pada Senin, 20 Desember 2021.


Oleh karena itu, Caren pun tak bisa menyamakan cara berpakaian dan selera antara Krisdayanti dan Ashanty.

"Kita tidak bisa menyamakan mimi Krisdayanti dengan bunda Ashanty.
Karena tidak ada perempuan yang sama dengan karakternya, karakter pribadi dalam dirinya dan juga cara berpakaian," kata caren menjelaskan.

Krisdayanti yang selalu dinilai lebih keren pun bukan berarti menunjukkan penampilan Ashanty tidak bagus, begitu pula sebaliknya.

"Mimi Krisdayanti punya caranya berdandan, begitu pun juga bunda Ashanty.
Nggak bisa dibilang 'oh bunda Ashanty itu nggak keren' nggak juga kayak gitu," katanya.

"Karena kalau kita bicara tentang keren, stylish, kita nggak bisa bilang kalau stylish yang keren itu harus seperti A gitu," pungkas Caren Delano.

Simak video lengkapnya: 

youtube image

Menilai Kepribadian Seseorang Lewat Cara Berpakaian

Pernahkah Anda tanpa sadar menganggap seseorang dengan pakaian bermerek lebih kompeten dibandingan mereka yang hanya mengenakan pakaian kasual? Jika iya, tidak perlu khawatir karena menilai orang lain lewat cara berpakaian adalah hal yang cukup normal.

Begini, peristiwa ini kerap terjadi terutama di dunia kerja. Bahkan, ketika Anda sudah diberitahu bahwa pakaian tidak berhubungan dengan kemampuan seseorang, tetapi tanpa sadar penilaian ini masih terus dilakukan.

Menurut penelitian dari Nature Human Behaviour, perilaku menilai orang lain lewat pakaian mereka sudah menjadi naluri alamiah hampir sebagian orang. Di dalam jurnal tersebut disebutkan terdapat sembilan studi yang melibatkan masyarakat awam dan mahasiswa.

Kedua kelompok tersebut diberikan gambar berisi wajah secara acak dan dipasangkan dengan pakaian bagian atas yang terlihat mahal dan murah. Kemudian, para peserta diminta untuk menilai kemampuan wajah yang diberikan.

Kesembilan penelitian tersebut menunjukkan bahwa wajah orang yang dipasangkan dengan pakaian bermerek dianggap lebih kompeten. Reaksi tersebut muncul meskipun peserta telah diperingatkan untuk tidak menilai kepribadian wajah lewat cara berpakaian mereka.

Pada studi pertama, para ahli mencoba memberikan penjelasan yang cukup beragam dan panjang terhadap gambar yang mereka perlihatkan kepada peserta. Hal tersebut bertujuan untuk melihat apakah penjelasan tersebut akan memengaruhi pandangan peserta terhadap orang lain.

Pada empat penelitian berikutnya, peneliti juga meminta peserta untuk tidak terlalu memperhatikan pakaian orang yang ada di gambar. Para peserta diimbau lebih berfokus terhadap wajah orang tersebut dibandingkan hal-hal lainnya.

Walaupun demikian, data menunjukkan bahwa instruksi tersebut tidak memberikan dampak yang cukup besar terhadap hasil akhir. Pasalnya, delapan studi pertama peserta tetap memasukkan cara berpakaian sebagai faktor penentu penilaian terhadap orang lain sebanyak 83%.

Sementara itu, pada penelitian ke-9 peneliti mencoba metode lain yaitu membuat peserta memilih wajah yang lebih berkompeten tanpa dipasangkan dengan pakaian terlebih dahulu.

Hasilnya pun tidak begitu terlalu berbeda karena sekitar 70% peserta tetap menganggap mereka yang memakai pakaian mahal terlihat lebih mampu.

Dampak menilai orang lain lewat pakaian mereka

Pada akhir penelitian tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa kebanyakan peserta sulit mengendalikan naluri alamiah untuk menilai kepribadian lewat cara berpakaian mereka.

Mereka juga berpendapat bahwa pakaian yang merupakan bagian dari status ekonomi juga memengaruhi penilaian peserta. Efek pakaian terjadi dalam berbagai kondisi yang diberikan oleh peneliti, termasuk ketika mereka memperingatkan peserta untuk tidak terlalu melihat pakaian.

Maka dari itu, penelitian ini secara tidak langsung menunjukkan bahwa masyarakat dengan status ekonomi yang lebih rendah cenderung kurang dihormati dan tidak dianggap berkompeten.

Salah satu tantangan yang mungkin mereka hadapi adalah kesan pertama yang cenderung muncul dalam waktu singkat. Akibatnya, menilai kepribadian seseorang lewat cara berpakaian pun tidak dapat dihindari.

Penghakiman ini memberikan dampak yang cukup serius di kehidupan nyata. Mengutip apa yang dikatakan oleh penulis studi, Eldar Shafir, kemiskinan memilki berbagai tantangan.

Menurut profesor ilmu perilaku dan kebijakan publik tersebut, penampilan fisik, status sosial, dan psikologis yang tidak mendukung dianggap memiliki kemampuan yang lebih rendah.

Akibatnya, menilai kepribadian dari cara berpakaian seperti ini dapat membuat masyarakat dengan status sosial lebih rendah cenderung kurang dihargai. Akhirnya, menambah nilai pada diri sendiri pun menjadi terhambat karena adanya beban psikologis yang dihasilkan dari apa yang mereka pakai.

Tips mengurangi menilai orang lain lewat pakaian

Sadar atau tidak, hampir semua orang pernah menilai kepribadian dan kompetensi orang lain lewat cara berpakaian mereka. Namun, kebiasaan ini tentu memiliki pengaruh yang cukup buruk, terutama ketika orang yang Anda nilai tidak sesuai dengan kenyataan.

Akibatnya, Anda mungkin merasa malu karena merasa gambaran status sosial lewat pakaian bermerek cukup penting. Namun, tanpa sadar mungkin perilaku ini akan kembali berulang.

Maka dari itu, Anda bisa mengurangi untuk menilai seseorang lewat pakaian mereka dengan beberapa cara berikut:

- Tidak menyalahkan diri sendiri

- Berpikir dahulu sebelum menilai orang lain dan mengucapkannya terang-terangan

- Melihat hal-hal positif yang dilakukan orang lain

- Mengingatkan diri sendiri bahwa orang lain adalah manusia biasa, sama seperti Anda

- Berpikiran lebih terbuka terhadap apa yang orang lain pakai dan pilih

- Melihat perilaku diri sendiri, apakah sudah pantas menilai orang lain atau belum

- Mencoba mempercayai orang meskipun ragu (benefit of the doubt)

Perlu diingat bahwa peluang kesalahan akan penilaian terhadap orang lain, terutama lewat penampilan cukup besar. Maka dari itu, cobalah untuk ingat bahwa tidak semua orang berkompeten selalu menggunakan pakaian bermerek atau mahal.

(*)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar