Skip to main content

Selain Paula & Aurel, Artis Ini Menggunakan Pilis setelah Melahirkan


Indonesia dianugerahi dengan banyak budaya, salah satunya memakai pilis setelah melahirkan. Ternyata, masih banyak artis yang menggunakannya. 

Pilis adalah salah satu adat Jawa yang dilakukan oleh ibu yang baru melahirkan. Ramuan khusus ditumbuk sampai halus dan kemudian ditempelkan di dahi. Dipercaya, pilis bisa membantu mengurangi sakit kepala dan melancarkan peredaran darah. Dari mulai baru melahirkan, pilis digunakan sampai 40 hari.

Bicara soal pilis, para artis ternama juga menggunakan pilis setelah melahirkan. Aurel Hermansyah menjadi artis yang baru melahirkan dan memilih menggunakan pilis untuk mengurangi sakit kepala.  

Bukan hanya Aurel, ada banyak artis lain yang juga menggunakan ramuan tradisional ini lho. Dirangkum Popmama.com, inilah artis yang menggunakan pilis setelah melahirkan. 

1. Sarwendah yang pakai pilis dan kain jarik


Sarwendah adalah salah satu artis yang kerap menghidupkan tradisi Indonesia. Seperti contoh, ia memakai pilis setelah melahirkan anak keduanya, Thania Putri Onsu. 

Banyak warganet yang memujinya. Menurut warganet, sungguh terpuji bagaimana ia tetap melakukan warisan tradisi meski dirinya seorang artis. 

Selain memakai pilis, ia juga terlihat mengenakan kain jarik untuk menggendong buah hatinya. Wah, bisa dicontoh, deh!

2. Vicky Shu juga mempertahankan tradisi ini


Tahun 2018, Vicky Shu melahirkan anak pertamanya. Waktu itu, ia sempat memamerkan dahinya yang diolesi pilis. Ia menjadi salah satu dari sederet artis yang mempertahankan budaya dan tradisi. 

Selain itu, ia juga rutin mengenakan bengkung karena dianggap bisa membuat tubuh lebih mudah kembali ke bentuk semula setelah melahirkan. 

3. Ayu Dewi yang punya banyak ritual setelah melahirkan


Artis Ayu Dewi memiliki sederet ritual dan tradisi yang dilakukannya pasca melahirkan. Ia sampai dipijit, menggunakan bedak dingin, dan menggunakan 100 rempah untuk melakukan sauna manual. 

Ia juga menggunakan stagen tradisional yang panjangnya sampai 10 meter. Tak lupa, ia memamerkan juga pilis yang ada di dahinya. 

Di bagian perut, ia mengoleskan parem kocok yang isinya jahe, kunyit, dan lainya. Manfaatnya, dipercaya bisa menghangatkan tubuh dan mengurangi pegal-pegal pasca melahirkan. 

4. Syahnaz juga yang ikut tradisi


Setelah melahirkan anak kembar, Syahnaz juga mengikuti beberapa tradisi yang sudah turun temurun, salah satunya menggunakan pilis.

Ia bahkan sempat mengabadikan dirinya saat menyusui dan menggunakan pilis di dahi. 

5. Ussy yang melakukannya berkali-kali


Sama seperti Paula, Ussy juga kerap melakukan tradisi menggunakan pilis setelah melahirkan. Ia pertama kali terlihat memamerkan foto dirinya saat menggunakan pilis setelah melahirkan anak keempatnya. 

Namun pada kenyataannya, ia telah melakukan hal ini sejak anak ketiganya. 

6. Citra Kirana yang memakai pilis dan melakukan pijat


Setelah melahirkan anak pertamanya, Citra Kirana juga terlihat menggunakan pilis. Selain memakai pilis, ia juga melakukan pijat pasca melahirkan.

Kemudian, ia juga menggunakan gurita untuk bagian perutnya agar mudah kembali ke bentuk sebelum hamil. Yang terakhir, ia melakukan uap atau sauna agar tubuhnya merasa nyaman. 

7. Paula Verhoeven memilih pakai pilis sejak kelahiran anak pertamanya


Dilansir dari artikel Popmama.com berjudul Kerap Pakai Pilis Pasca Lahiran, Paula Verhoeven Dipuji Warganet, pasca melahirkan Paula menggunakan pilis di dahinya. 

Paula memilih pilis untuk meredakan sakit kepala pasca melahirkan sejak ia memiliki anak pertama. Bukan hanya pilis, Paula juga tampak menggunakan sarung sebagai bawahan. 

Pilihannya ini membuat netizen takjub dengan Paula. Menurut warganet, masih melakukan salah satu adat Nusantara merupakan hal yang patut diberikan apresiasi. 

8. Aurel Hermansyah disarankan menggunakan pilis untuk redakan pusing dan mata kunang-kunang


Sebagai kelahiran dari Gen Z yang kental dengan gaya modern, perempuan kelahiran 1998 ini tetap memilih menggunakan pilis setelah melahirkan. Dalam vlog AH berjudul FUJI AUREL MENANG Atta Thoriq Bahhagia, Aurel Hermansyah sempat terlihat menggunakan pilis di dahinya.

Pada percakapan Aurel dan Atta, Atta sempat bertanya pada istrinya tersebut. "Ini kamu pakai apaan di jidat, kaya kue gitu," kata Atta. 

Aurel pun menanyakan kepada seorang perempuan yang ada di vlog tersebut terkait ramuan tradisional yang ada di dahinya. Perempuan tersebut menjawab, itu adalah pilis yang digunakan agar kepala Aurel tak pusing.

Sontak pilihan Aurel menggunakan pilis untuk meredakan sakit kepala pun banjir pujian. 

Itu dia para seleb Mama yang masih menghidupkan tradisi penggunaan pilis hingga saat ini. Apakah Mama menggunakannya juga?

(*)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar