Skip to main content

9 Artis yang Tetap Digaji Walau Sudah Meninggal, Penghasilannya Sampai Miliaran!


Ketika meninggal, semua hubungan manusia dengan hal duniawi bakal terputus, termasuk soal uang. Gak ada lagi tuh, yang namanya menerima gaji bulanan, hehehe.

Tapi hal itu gak berlaku buat para artis berikut ini. Walaupun sudah lama meninggal, tapi mereka masih tetap menerima gaji yang jumlahnya gak sedikit, bahkan mencapai miliaran.

Gaji yang mereka terima ini umumnya merupakan hasil royalti atas karya-karya mereka semasa hidup. Tentunya hal ini sangat membantu para ahli waris mereka, ya.

Penasaran siapa saja para artis yang tetap berpenghasilan meski sudah meninggal? Simak daftarnya berikut ini seperti sudah Jaka rangkum dari berbagai sumber.

1. Nike Ardilla


Siapa yang gak tahu tragedi Nike Ardilla? Penyanyi bersuara khas ini meninggal ketika berada di puncak kariernya. Ia mengalami kecelakaan yang menyebabkan dirinya tewas pada 15 Maret 1995. Usianya baru 20 tahun kala itu.

Nike Ardilla tak hanya seorang penyanyi berbakat, tapi ia juga jadi model, bintang film, hingga bintang iklan.

Jadi gak heran kan kalau royalti atas karya-karyanya juga masih mengalir sampai sekarang. Tak itu saja, ia juga memiliki sebuah museum yang didedikasikan untuk hidupnya.

2. Chrisye


Selanjutnya ada penyanyi Chrisye yang sudah konsisten menghasilkan banyak banget judul lagu populer yang tak hanya populer saat dirilis, tapi juga sampai sekarang.

Saking populernya, tak sedikit artis masa kini yang sudah membuat cover lagu dari penyanyi bernama asli Chrismansyah Rahadi ini. Makanya keluarga Chrisye pun masih mendapat banyak royalti sampai sekarang.

3. Benyamin Sueb


Pemeran babeh dalam sinetron "Si Doel Anak Sekolahan" ini bahkan masih lekat di ingatan anak-anak masa kini. Selama hidup, komedian satu ini sudah merilis 75 album musik dan 54 film. Jumlah yang luar biasa, kan?

Selain itu, sosok aktor Betawi legendaris ini juga sempat mendirikan sebuah radio bernama Bens Radio pada 5 Maret 1990 yang berperan untuk mengangkat dan melestarikan budaya Betawi.

Gak heran kan, kalau penghasilan yang ia dapatkan dari royalti atas karya-karyanya jumlahnya juga luar biasa?

4. Michael Jackson


Sosok King of Pop Michael Jackson memang sangat ikonis dan legendaris. Jadi salah satu musisi paling sukses sepanjang masa, album yang ia rilis semasa hidup sudah terjual lebih dari 350 juta copy di seluruh dunia.

Kekayaannya kini sudah mencapai Rp26,6 triliun yang ia hasilkan dari penjualan album, single, serta kepemilikan saham di perusahaan.

5. Marilyn Monroe


Marilyn Monroe populer sebagai sosok bintang panas paling populer di dunia hingga kini. Ia sudah membintangi banyak banget film yang sukses di pasaran sejak memulai kariernya pada tahun 1950 lalu.

Setelah meninggal pada 1962 akibat overdosis obat-obatan, nama Marilyn Monroe masih tetap abadi sampai kini. Termasuk juga kekayaannya yang terus bertambah.

Berkat royalti film yang ia bintangi, kekayaan Marilyn pada tahun 2015 sudah mencapai 17 juta dolar AS atau setara Rp226 miliar.

6. Bruce Lee


Buat penggemar film action lawas, pasti familiar nih sama sosok Bruce Lee. Ia adalah sosok penting di dunia bela diri Kungfu dan juga seorang ikon pop culture paling berpengaruh sampai saat ini.

Sayangnya, ia tak hidup lama. Ia meninggal di usia 32 tahun dengan kondisi yang misterius. Walaupun begitu, semasa hidupnya ia sudah menghasilkan banyak sekali karya, termasuk berbagai judul film terkenal.

Selain dari royalti karyanya, Bruce Lee juga masih mendapatkan gaji hingga sekarang dari sekolah bela diri yang ia dirikan dan masih berjalan sampai kini. Jumlahnya mencapai Rp130 miliar, geng!

7. Bob Marley


Ikon reggae dunia, Bob Marley, juga masih mendapatkan gaji walaupun sudah cukup lama meninggal.

Ia meninggalkan warisan berupa royalti dari karya dan hal lainnya. Setidaknya, ia sudah mendapat penghasilan sampai Rp300 miliar setelah meninggal.

8. John Lennon


Selanjutnya ada pentolan band paling sukses sepanjang masa, The Beatles. Sosok John Lennon memang lekat sebagai musisi yang luar biasa.

Selama kariernya bersama The Beatles maupun saat solo karier, ia sudah merilis banyak sekali judul album dan single yang sukses luar biasa.

Berkat karya-karyanya tersebut, John Lennon masih mendapatkan penghasilan yang besar, yakni mencapai Rp174 miliar.

9. Elvis Presley


Terakhir adalah Elvis Presley, sosok raja rock n roll dunia yang meninggal pada 16 Agustus 1977, ketika umurnya baru 42 tahun.

Selama kariernya, Elvis sudah menghasilkan banyak banget lagu yang masih abadi di ingatan kita sampai sekarang. Salah satunya adalah lagu romantis "Can't Help Falling in Love" yang sudah di-cover sama banyak banget musisi.

Tentu aja hal itu membuat kekayaan Elvis terus bertambah. Pada usia 40 tahun, kekayaannya sudah mencapai 300 juta dolar AS. Lalu pada 2016, kekayaannya sudah bertambah 27 juta dolar AS lagi atau setara dengan Rp360 miliar.

Akhir Kata

Nah, itu tadi deretan artis dunia dan Indonesia yang masih mendapatkan gaji walaupun sudah lama meninggal.

Dengan segala usaha keras yang sudah mereka lakukan dengan menghasilkan karya-karya luar biasa, mereka masih tetap bisa menjaga kehidupan anak-cucu mereka dengan cara ini. Luar biasa banget ya, geng. Kira-kira kita bisa gak ya,kayak gitu juga?

(*)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar