Skip to main content

Kena Masalah Lagi, Tri Suaka & Zidan Digugat Rp10 M Usai Cover Lagu Erwin Agam


Tri Suaka dan Zinidin Zidan kembali terseret masalah hukum imbas dari aksi cover lagu yang mereka lakukan.

Penyanyi kawakan Erwin Agam menggugat keduanya karena telah meng-cover lagu ciptaannya tanpa izin hingga membuatnya merasa keberatan.

"Jadi Bang Erwin ini adalah salah satu pencipta lagu yang hits di 2021, lebih hits dari pada yang lain. Ternyata memang namanya pencipta atau pemilik karya seni biasanya kan senang kalau lagunya itu booming," ungkap kuasa hukum Erwin Agam, Arianto, Rabu (27/4).

"Ternyata di pertengahan jalan banyak yang meng-cover. Setiap yang cover biasanya melakukan kerjasama, rata-rata minta izin ke Bang Erwin. Ada beberapa yang tidak minta izin, contohnya Tri Suaka dan beberapa orang yang tidak meminta izin," tambahnya.

Hingga akhirnya, Erwin Agam meminta bantuan Advokasi Forum Komunikasi Artis Minang Melayu Indonesia (FORKAMI) untuk menghubungi Tri Suaka dan Zinidin Zidan.

Awalnya, Erwin Agam dan FORKAMI berusaha untuk menyelesaikan masalah antara dirinya dengan Tri Suaka beserta Zinidin Zidan dengan cara kekeluargaan.

"Tetapi tetap diberikan kesempatan oleh tim Erwin Agam via email, DM, ternyata setelah di DM tidak ditanggapi. Sudah sampai beberapa waktu nanya itu, tapi tidak ditanggapi sampai sekarang," imbuh Arianto.

Ada dua lagu yang dipermasalahkan oleh Erwin Agam yakni Emas Hantaran dan Luka Sekarat Rasa. Tri Suaka dan Zinidin Zidan sudah 5 kali meng-cover lagu tersebut hingga diunggah ke YouTube.

"Lagunya ada dua, tapi dijadikan cover enam YouTube. View-nya itu mencapai 10 juta penonton, satu lagu bisa 2 juta penonton dan ada yang 3 juta, 6 juta view-nya, ada yang 12 juta," tukas Arianto.

(*)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar