Skip to main content

Bungkam Hinaan Tetangga, Anak Sopir Angkot Lulus Kuliah di Luar Negeri


"Gue lulus, lo jangan sekate-kate kalau ngomong ye. Gue lulus!" ucapnya.

Video anak sopir angkot baru lulus kuliah di luar negeri mendadak viral di sosial media. Gadis bernama Dian Nursiati itu menceritakan pengalamannya dihina oleh tetangganya karena memiliki kuliah di luar negeri, yang dicibir terlalu tinggi.

Cerita Dian Nursiati ini diunggah oleh akun @top_world.idn. Dalam video itu tampak wanita berhijab yang mengenakan toga lengkap dengan pakaian wisuda memperlihatkan ijazah kelulusanya. Ia lalu menceritakan pengalamannya mendapatkan hinaan dari tetangganya.


" Waktu itu ada orang yang ngomong begini sama gue. 'Anak sopir angkot saja mimpinya ketinggian, pengin kuliah luar negeri'. 'Alah bu paling banter juga ya, dia di sana jadi pembantu. Cuma emaknya malu makanya bilang program kuliah begitu' sabarin aja," kata Dian Nursiati dikutip Dream dari akun @top_world.idn, Minggu 18 Juli 2021.

" Alah paling kata nanti juga enggak kelar, pulang mana bisa bapaknya biayain sampai dia lulus' enggak apa-apa sabarin saja," imbuhnya.

4 Tahun Dihina

Sembari menahan tangisnya, Dian membuktikan kepada para tetangga yang kerap kali menghinanya karena ingin kuliah di luar negeri. Dengan banggga wanita ini juga memperlihatkan ijazah yang bertuliskan namanya.

" Cuma sekarang gue cuma ngomong doang satu ya, Ma, Bah, eneng lulus. Nih lihat baik-baik, enggak percaya lu? Lihat baik-baik, Dian Nursiati, nama gue. Gue lulus, lu jangan sekate-kata kalau ngomong ye. Gue lulus," ucapnya.

Dian mengaku mendapatkan hinaan dari para tetangganya selama empat tahun. Meski demikian ia tetap bersabar dan terus bersemangat untuk membuktikan keinginannya tersebut.

Ia justru mengucapkan terimakasih kepada para tetangganya karena bisa membuktikan dirinya mampu berpresetasi dengan lulus kuliah di luar negeri meski oangtuanya sopir angkot.

" Makasih sudah pernah ngomongin gue, 4 tahun gue lu hina. Lu enggak percaya kemampuan gue. Gue lulus," ucapnya semangat.

Pujian Warganet

Sontak video curhatan tersebut langsung viral dan banyak dikomentari warganet. Mereka salut dengan wanita bernama Dian Nursiati karena mampu membungkam cibiran tetangganya dengan keberhasilannya.


" Manteeebbbb pake b mpokk.....biar jadi tukang insinyurrrr...biarin bae mulut tetangga emng bgtuuu...," tulis akun @pap_arsyaga_igi_.

" Dendam banget kayaknya mbknya. ikut senang semoga kedepanya tmbah sukses huhuhu," kata akun @meyquini.

" keren bet dah si eneng,.," tulis akun @irma_yanti1719.

" kerennnnn mba tetap semangat dan focus," tulis akun @candra_ican_.

Ingin Sedekah, Sang Sopir Angkot Gratiskan Ongkos Penumpang Setiap Jumat

Bersedekah bisa dilakukan kapanpun dan tak perlu menunggu keadaan keuangan sedang berkecukupan. Sepanjang untuk mencari keridhoan Tuhan, sedekah bisa dijalankan dalam bentuk apapun. Tidak melalui lewat materi.

Pelajaran inilah yang diajarkan seorang sopir angkutan umum atau Angkot dengan cara bersedekahnya sendiri. 

Dalam sebuah video yang viral di aplikasi TikTok, sopir angkot itu tengah menarik penumpang. Menariknya, sopir angkot ini tidak ingin menerima bayaran seharian penuh.

Selain itu, terdapat pengumuman yang ditulisnya dibalik kursi. Isinya tertulis “ Jumat barokah gratis!!!

Rupanya, sopir angkot tersebut ingin bersedekah melalui cara yang ia sanggupi. Sontak saja aksinya ini menjadi tamparan keras bagi yang melihat. Bahwa sedekah itu tak harus menunggu kaya.

Ingin Bersedekah


Dalam video yang diunggah akun TikTok @ jennay05_ terlihat ia tengah duduk bersama penumpang lain di dalam sebuah angkot.

Namun ia terkejut saat mendapati sebuah tulisan di balik kursi. Sopir angkot yang tidak ingin disebut namanya itu, ingin mengantarkan semua penumpangnya tanpa harus membayar tarif alias gartis.

Sedekah biaya Angkot gratis itu rutin dilakoninya saban hari Jumat.

" Jadi tiap aku berangkat kerja selalu naik angkot. Kaget pas ada tempelan itu 'Jumat berkah gratis', tulisnya dalam keterangan video.

Awalnya Tak Percaya

Awalnya si pembuat video tidak yakin dengan maksud tulisan tersebut. Hingga seorang ibu-ibu paruh baya naik ke kendaraan tersebut.

Setelah sampai di tempat tujuan, si ibu yang hendak membayar ongkos Angkot itu tidak diperbolehkan oleh sang sopir.

" Lalu ada penumpang baru naik. Beliau adalah ibu-ibu paruh baya. Eh beneran dong si ibu itu waktu sampai di tujuan enggak boleh bayar," sambungnya.


Setelah si pembuat video sampai ditempat tujuan, ia pun mencoba memberikan ongkos. Namun, sopir angkot tersebut tetap menolaknya.

" Bahkan saat saya sudah sampai di tujuan itu enggak boleh bayar meskipun sudah saya paksa. Padahal penumpang waktu itu lumayan banyak. Begitu konsisten buat bersedekah,"  tulisnya.

Ia pun merasa tertampar dengan aksi sopir angkot yang tetap bersedekah meski dengan cara sederhana.

Warganet Turut Mendoakan


Unggahan video itu pun membuat warganet terharu sekaligus kagum. Tak sedikit yang turut memberikan doa melalui kolom komentar.

" Banyak cara dan jalan kalau mau sedekah, enggak harus nunggu kaya, yang penting niat dan kemauan untuk sedekah," tulis @hanayuhana12.

" Iya, sodakoh bukan hanya uang, tenaga juga termasuk ibadah," tulis @dinomerahserbabisa17.

" Mudah-mudahan kebaikan saudara, Allah lipat gandakan hingga Allah ganti nyata untuk kebahagiaan di dunia dan akhirat. Aamiin,"  tulis @ahmad_mujahid.

Sumber : dream.co.id

(*)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar