Skip to main content

Melly Goeslaw Ungkap Kondisi Pasca Operasi Bariatrik, Sudah Turun BB Segini


Juli lalu Melly Goeslaw melakukan operasi bariatrik demi kesehatannya. Ia pun kini mengungkap kondisi berat badannya yang sudah turun banyak. Begini katanya.

Pada 15 Juli 2022, Melly Goeslaw memberanikan diri operasi bariatrik. Operasi bypass usus ini dilakukan setelah ia melakukan konsultasi bersama dokter.

Melalui unggahan Instagram (18/7), Melly Goeslaw bercerita alasan dirinya melakukan operasi bariatrik. Sebelumnya ia sudah menjalani program diet hingga sukses turun berat badan 25 kilogram (kg).

"(Tapi) aku tetap obesitas 35 kg dan mentok nggak bisa turun-turun lagi (berat badannya). Sementara rupanya gula darahku juga jadi tinggi. Saat gula darah tinggi, nafsu makan jadi makin gede kan, jadi nggak kelar-kelar (dietnya)," kata Melly Goeslaw.

Saat itu ia diet didampingi dokter gizi terkenal di kalangan artis, dr. Cissie Nugraha. Selama diet, Melly Goeslaw fokus mengonsumsi makanan tinggi protein dan mengurangi asupan karbohidrat.

Hal lain yang dilakukan pelantun lagu Gantung ini adalah aktivitas fisik sederhana. Melly rutin jalan santai setidaknya 30 menit setiap hari.

Perubahan tubuhnya pun terlihat signifikan. Ia juga sempat mengabarkan ukuran jeans-nya sudah jauh jadi lebih kecil, dari yang tadinya XXL menjadi M.


Selama diet, menu-menu yang ia konsumsi dibagikan lewat akun Instagram @melly_goeslaw dan kanal Youtube 'helaw tv'. Ibu dua anak ini terlihat mengonsumsi makanan sehat.

Berikut di antaranya:

1. Ikan

Melly Goeslaw memilih ikan sebagai sumber protein yang rendah karbohidrat. Ia memilih ikan yang masih segar sehingga nutrisinya maksimal.

Untuk diketahui, konsumsi ikan memang bagus saat diet karena selain tinggi protein juga mengandung asam lemak omega 3. Beberapa yang bisa dijadikan pilihan adalah tuna, bandeng, salmon, dan ikan kembung.

2. Biskuit

Sebagai camilan, Melly Goeslaw memilih biskuit. Jenisnya spesifik yaitu biskuit gandum. Biskuit ini mengandung lebih sedikit kalori dan lemak sehingga bagus untuk mereka yang sedang diet.

3. Smoothies

Siapa bilang menu diet tidak enak? Melly Goeslaw melahap smoothies yang dibuat dari buah naga dengan topping kacang, buah, dan parutan kelapa.

Kombinasi berbagai buah dan bahan sehat lain pada smoothies membuat menu ini menyehatkan. Mengonsumsinya juga bisa bikin kenyang.

4. Infused water

Infused water mungkin secara tidak langsung membantu usaha diet karena bisa membuat seseorang jadi lebih banyak minum. Infused water adalah solusi untuk mereka yang bosan dengan rasa tawar air putih.

Melly Goeslaw membuatnya dari irisan kiwi, mentimun, dan jeruk nipis. Seperti diketahui, mengonsumsi cukup air dan membuat tubuh terhidrasi dengan baik adalah kunci sukses diet.

5. Orak-arik tahu kukus

Saat diet, menu yang digoreng dan berkalori tinggi sangat dihindari. Melly Goeslaw pun memilih orak-arik tahu kuku sebagai salah satu santapannya.

Ia memadukannya dengan tomat dan alpukat sehingga lebih enak. Biasanya orak-arik tahu kukus ini ia nikmati saat sarapan.

Berat badan Melly Goeslaw usai lakukan operasi bariatrik ada di halaman selanjutnya.
Kembali pada proses operasi bariatrik, Melly Goeslaw mengaku hanya boleh minum air putih, teh tawar, dan susu Fresubin selama 2 minggu setelah operasi. "Tapi alhamdulillah nggak lapar, tubuhnya lagi beradaptasi," kata Melly di Instagram (18/7).

Ia juga mengatakan bahwa niat utamanya melakukan operasi ini adalah untuk lebih sehat dan produktif ke depannya. Kemudian pada Kamis (15/9), istri Anto Hoed ini mengabarkan kondisinya usai 2 bulan jalani operasi bariatrik.

"Alhamdulillah ... Hari ini tepat 2 bulan pasca Bariatric. Artinya sudah 2 bulan saya menjalani hidup sehat, kebiasaan yang sangat berbeda dengan hidup saya sebelumnya . Gula darah saya normal terus hingga sekarang," katanya.


Pencipta lagu kondang di tanah air ini juga bilang kondisi berat badannya sekarang. "Dari berat badan hampir 86 kg sekarang hampir 70 kg. Dan akan terus turun pastinya dengan pola hidup sehat ini," kata Melly.

Unggahan Melly Goeslaw ini disertakan dengan foto tampilan tubuhnya yang sekarang. Ia terlihat jauh lebih langsing dan sehat.

Lewat TikTok ia kembali mengutarakan alasanya operasi bariatrik. "Itu aku lakukan karena aku sudah obesitas, aku juga menderita diabetes, dan GERD-nya parah. Jadi ini aku lakukan dan dengan melakukan terlebih dahulu berbagai macam tes. Dari mulai jantung, paru, dan lain-lain," katanya.

Ia turun berat badan 15,5 kg dalam 2 bulan. Manfaat lain yang ia rasakan adalah tidur bisa lebih cepat, bangun ketika subuh dalam kondisi segar, tidur tidak ngorok, dan gula darahnya stabil.

Sumber : detik.com

(*)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar