Skip to main content

Lebih dari enam dekade berkarya, ini 9 potret lawas Nani Wijaya akting di berbagai film hingga iklan


Namanya mulai dikenal luas era 2000-an saat memerankan Emak di sinetron komedi Bajaj Bajuri.

Nani Wijaya menghembuskan napas terakhir pada Kamis (16/3) pagi. Artis senior ini meninggal di usia 78 tahun. Kabar duka ini pertama kali disampaikan Cahya Kamila, putri Nani Wijaya lewat Instagram pada Kamis (16/3) pagi.

Nani Wijaya dikenal sebagai salah satu aktris senior yang tetap berkarya hingga akhir hayatnya. Ia punya kiprah besar dalam sinema Tanah Air. Berkarier sejak tahun 1960, Nani telah membintangi ratusan judul film hingga sinetron. Bahkan, saking populernya sebagai bintang besar di era keemasannya ia bergabung dalam anggota Golden Girls bersama Connie Sutedja, Ida Kusumah, dan Rina Hassim.

Meski sudah berakting sejak tahun 60-an, namanya mulai dikenal luas era 2000-an saat memerankan Emak di sinetron komedi Bajaj Bajuri. Kabar Nani Wijaya pun kerap mendapatkan sorotan. Diketahui Nani Wijaya mengidap penyakit demensia atau penurunan daya ingat dan berpikir.

Meski sudah berusia senja, Nani Wijaya punya prestasi besar di dunia akting. Seperti apa potret lawas Nani Wijaya saat akting di sejumlah film, iklan, dan sinetron? Daripada penasaran, yuk simak potretnya dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (16/3).

1. Nani Wijaya sudah memulai kariernya sejak usia 16 tahun pada tahun 1960 di film Darah Tinggi. Namanya pun dikenal sebagai aktris populer. Ia pun jadi model iklan, lho. Ini potret masa mudanya saat jadi model iklan motor pada 1960.


2. Nani Wijaya pun terlibat dalam berbagai judul film sejak debut jadi pemeran pembantu. Begini akting apik Nani Wijaya dalam film Empat Sekawan pada 1980 lalu.


3. Ternyata Nani Wijaya dan Lydia Kandou pernah akting bareng dalam film Roman Picisan yang rilis pada 1980 lalu.


4. Nani Wijaya berperan sebagai Mas Ayu Ngasirah dalam film R.A. Kartini (1982). Film ini mengantarkannya meraih sebagai piala Festival Film Indonesia kategori Pemeran Pendukung Wanita Terbaik. Sebelumnya ia pernah akting jadi Kartini di film Sisa Feodal pada 1977.


5. Ini potret lawas Nani Wijaya bersama Paramitha Rusady, Ritta Rachman, dan W.D Mochtar saat syuting film Ranjau Ranjau Cinta (1984).


6. Saat muda, Nani Wijaya benar-benar memesona, kan? Ini potret Nani Wijaya saat menjadi model iklan pembasmi serangga pada 1970-an.


7. Nani Wijaya rupanya pernah berakting bareng mendiang Nike Ardilla sebagai ibu dan anak di film Ricky Nakalnya Anak Muda yang rilis pada 1990 lalu.


8. Peran Nani Wijaya sebagai emak memang sangat ikonik. Nggak heran ia selalu dapat peran emak-emak. Salah satunya di sinetron Si Cecep sebagai Mak Cecep yang sabar.


9. Nani Wijaya makin populer pada awal 2000-an lewat aktingnya sebagai Emak di sitkom Bajaj Bajuri. Aktingnya sebagai emak yang nyinyir dan kocak ini memang selalu punya tempat di hati penonton.


Sumber : Brilio.net

(*)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar