Skip to main content

Curhatan Amanda Rawles Saat Berkuliah di Negeri Orang, Sebut Biaya Hidup Mahal Hingga Harus Berhemat


Amanda Rawles memilih negara Australia untuk melanjutkan pendidikannya.  Akan tetapi, rupanya kehidupan menjadi seorang mahasiswi tidaklah seindah yang ia bayangkan, apalagi ia berkuliah di negeri orang.

Dirinya pun mengau harus berhemat lantaran biaya hidup yang mahal. Seperti apa ceritanya? Yuk simak selengkapnya di sini.


Saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan belum lama ini Amanda Rawles mengaku, biaya hidup di Australia sangat mahal. Mulai dari untuk membeli makan, hingga sewa tempat tinggal harganya tak murah, terlebih ia hanya fokus berkuliah tanpa menerima tawaran pekerjaan selama berada di Australia.


"Iya, kerasa banget. Apalagi aku di sana nggak kerja ya, sekolah saja, jadinya pengeluaran lebih besar untuk tempat tinggal dan jajan-jajannya berasa banget kalau di luar," ungkap Amanda Rawles.


Merasa kesulitan hidup di Australia, Amanda Rawles pun akhirnya harus hidup hemat. Hal itu ia lakukan untuk meminimalisir pengeluaran keuangan ketika pergi ke luar rumah.


Selain itu, untuk lebih menekan biaya hidup, Amanda pun memilih tinggal bersama kerabatnya. Meski begitu, Amanda pun sempat mencoba untuk beradaptasi hingga akhirnya ia pun mulai terbiasa.


"Jadi aku meminimalisir pengeluaran aku selama di sana. Jadi aku tinggal bareng keluarga juga di sana," ucapnya.


"Ada penyesuaian karena di Indonesia sibuk kerja, jadinya selama beberapa tahun nggak belajar lagi. Sudah lama, ada sedikit penyesuaian, tapi overall semuanya lancar ya," pungkasnya.

(*)

youtube image
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar