Skip to main content

7 Artis Indonesia yang Putus Sekolah, Sekarang Sukses & Tajir!


Dari dulu hingga kini, pendidikan sering dianggap sebagai tolak ukur kesuksesan seseorang. Padahal, hal tersebut tidak sepenuhnya benar, loh!

Kenyataannya, banyak orang yang lulus dari perguruan tinggi, tapi malah menganggur. Kebalikannya, banyak juga orang yang putus sekolah, tapi justru sukses.

Misalnya saja seperti sejumlah artis Indonesia yang kini sukses di dunia hiburan. Siapa sangka, beberapa di antara artis sukses tersebut justru putus sekolah, loh!

Nah, kali ini Jaka bakal mengulas deretan artis Indonesia terkenal yang ternyata tidak tamat sekolah. Siapa saja mereka? Simak selengkapnya di bawah ini, ya!

1. Aliando Syarief


Nama Aliando Syarief melejit setelah ia menunjukkan kemampuan aktingnya di sinetron Ganteng-Ganteng Serigala. Saat itu, ia beradu akting dengan Prilly Latuconsina.

Siapa sangka, aktor yang membintangi film Asal Kau Bahagia ini ternyata putus sekolah. Bukan karena tidak ada biaya, tapi ia lebih memilih meniti karirnya sebagai aktor.

Dengan pertimbangan dari keluarga dan Aliando sendiri, akhirnya sang aktor memutuskan untuk tidak menyelesaikan sekolahnya. Meski begitu, keputusannya tidak sia-sia!

2. Zaskia Gotik


Perjuangan Zaskia Gotik untuk bisa sukses dan terkenal seperti sekarang memang penuh liku-liku. Pasalnya, ia memang tidak berasal dari keluarga kaya raya.

Meski begitu, ia tidak malu mengungkapkan bahwa ia hanya merasakan pendidikan formal Sekolah Dasar (SD) saja. Alasannya karena ekonomi keluarganya yang terbatas.

Setelah sukses, artis yang dulunya miskin ini akhirnya memutuskan untuk mengejar ketertinggalannya di bangku pendidikan melalui ujian paket B dan C.

3. Raffi Ahmad


Raffi Ahmad adalah salah satu artis yang dikenal hampir seluruh masyarakat Indonesia. Ia juga terkenal sebagai pembawa acara dengan bayaran yang tinggi.

Siapa sangka, ayah Rafathar ini hanya lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP). ia terpaksa berhenti sekolah karena harus menjadi tulang punggung keluarga.

Meski begitu, Raffi sukses berkarir di dunia hiburan dan menjadi salah satu artis Indonesia terkaya. Suami Nagita ini juga memiliki banyak usaha, loh!

4. Nia Ramadhani


Siapa yang tidak kenal dengan artis cantik satu ini? Nia Ramadhani sudah menginjakkan kaki di dunia hiburan sejak usia sekolah.

Karena jadwalnya yang padat di dunia hiburan, Nia memilih melanjutkan sekolahnya melalui home schooling. Namun, akhirnya ia memilih fokus berkarier dan meninggalkan bangku pendidikan.

Meski tidak lulus SMA, Nia tetap sukses di dunia hiburan. Ia bahkan menjadi salah satu artis yang nikah muda dengan Adrie Bakrie, yakni anak pengusaha kaya Aburizal Bakrie.

5. Inul Daratista


Hampir semua orang tahu cerita di balik kesuksesan Inul Daratista. Ia melewati banyak rintangan ketika mengawali kariernya sebagai penyanyi dangdut.

Artis dengan masa lalu kelam ini hanya dapat mengenyam pendidikan SMP. Kondisi finansial yang pas-pasan membuatnya tidak bisa melanjutkan pendidikan formal.

Inul pun memilih menjadi penyanyi dangdut keliling. Hingga akhirnya ia pun sukses menjadi penyanyi dangdut papan atas dan bisa membayar lunas semua perjuangannya dulu. Salut!

6. Kevin Aprilio


Bersama teman-temannya, Kevin Aprilio membentuk grup musik bernama Vierra yang kini dikenal dengan nama Vierratale. Ia pun sukses di industri musik dengan lagu-lagu terbaiknya.

Siapa sangka, artis Indonesia yang terkenal di Korea Selatan ini ternyata tidak menyelesaikan pendidikan formalnya di bangku SMA. Kevin beralasan ingin fokus bermusik.

Pilihan ini terlihat berat, tapi tidak salah. Sebab saat ini Kevin menjadi salah satu musisi muda berbakat dan masih aktif bermusik sambil memulai usahanya sendiri.

7. Anggun C. Sasmi


Saat ini, Anggun C. Sasmi masih fokus berkarir sebagai penyanyi internasional yang membawa nama baik Indonesia. Namun, banyak yang tidak tahu masa lalunya dulu.

Tidak disangka, artis Indonesia yang pindah kewarganegaraan ini rupanya tidak lulus SMA. Saat itu, ia berusia 16 tahun dan bimbang memilih karir atau pendidikan.

Pada akhirnya, Anggun kemudian memilih untuk fokus pada karirnya. Pengorbanannya pun terbayar karena saat ini ia sukses mencapai impiannya.

Akhir Kata
Itulah 7 artis Indonesia yang ternyata tidak tamat sekolah. Sebagian artis putus sekolah karena kendala biaya, sementara yang lainnya karena ingin fokus berkarir.

Meski merupakan keputusan yang sangat berat, setidaknya sekarang semua pengorbanan mereka sudah terbayarkan dengan kesuksesan besar. Salut!

(*)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar