Skip to main content

Ridwan Kamil Umumkan Meninggalnya Eril: Wahai Sungai Aare, Aku Titipkan Jasad Anak Kami Kepadamu


Ridwan Kamil sampaikan kabar duka. Ia secara resmi mengumumkan sendiri bahwa sang putra tercinta Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril telah meninggal dunia di Sungai Aare, Swiss.

Lewat sebuah unggahan di akun Instagram resminya, Gubernur Jawa Barat itu menyampaikan pada publik bahwa ia dan keluarga ikhlas melepas Eril.

Ia juga menuliskan kata-kata perpisahan yang sangat menyentuh hati.

"Wahai Sungai Aare,

Sebagai sesama mahluk Allah SWT, aku titipkan jasad anak kami kepadamu.

Sudah kukumandangkan adzan terbaikku di tepi batasmu..

Bahagiakan dia dalam keindahanmu.

Selimuti dia dalam kehangatanmu.

Lindungi dia dalam kemegahanmu.

Sucikan dia dalam kejernihanmu.

Jadikan doa-doa kami menjadi cahaya penerang jasad syahidnya di dasarmu.

Engkau sudah ditakdirkan sebagai tempat terindah dan terbaik baginya untuk bertemu dengan pemilik dan pelindung sejatinya, Allah SWT.

Berjanjilah padaku, wahai Sungai Aare," tulis Ridwan Kamil dalam unggahan tersebut.


Ridwan Kamil juga memohon dukungan duka untuk Eril yang telah dinyatakan meninggal dunia di Sungai Aare. Ia memohonkan maaf atas segala kesalahan yang mungkin pernah dilakukan sang putra semasa hidupnya.

"Innalilahi wainna illaihi rajiun. Dengan ini kami secara resmi melepas dan mengikhlaskan sepenuh hati atas berpulangnya anak kami tercinta ananda Emmeril Kahn Mumtadz. Mohon dimaafkan, jika semasa hidupnya ada kekhilafan dan kesalahan," tulis mantan Wali Kota Bandung itu.

"Kami sekeluarga sudah kembali ke tanah air dan akan melaksanakan doa bersama bada zuhur dan bada ashar, besok Sabtu bagi yang berkenan di kediaman Gedung Pakuan Bandung. Hatur nuhun," sambungnya.

Meski sudah mengikhlaskan Eril, pihak keluarga masih terus melakukan pencarian terhadap tubuh Eril yang hingga saat ini belum ditemukan.

"*pencarian jasad Eril akan terus dilakukan sampai batas waktu yang tidak ditentukan," tulis Ridwan Kamil.

Unggahan tersebut lantas dibanjiri ucapan dukacita dari para artis, pejabat, dan masyarakat. Semua turut merasakan kesedihan yang dialami Kang Emil sekeluarga.

"Sahabatku Kang Ridwan Kamil. Saya dapat merasakan kepedihan yang sangat. Tak ada ujian yang lebih berat daripada orangtua yang harus kehilangan anaknya. Saya mendoakan agar Kang @ridwankamil beserta keluarga diberi ketabahan dan kekuatan. Amiin," tulis Bambang Soesatyo.

"Semoga Kang Emil sekeluarga semakin dikuatkan. Diiringi doa-doa dari Jutaan anak bangsa. Al Fatihah untuk ananda Eril tercinta," tulis Triawan Munaf.

"Kekallah Kenangannya, Tuhan kasihanilah," tulis Gading Marten.

"Innalillahi wa innailaihi rojiun… doa terbaik buat putra tercinta… dan untuk seluruh keluarga," tulis Marsha Timothy.

(*)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar