Skip to main content

Jasanya tak laku, potret tukang becak terdiam kehujanan ini bikin pilu


Tukang becak itu tawarkan jasa becak motor, namun penumpang lebih pilih taksi online. Ia terlihat menatap sekeliling dengan raut wajah putus asa.

Kemajuan teknologi telah mengubah pola konsumsi kita sehari-hari. Sebelum adanya internet dan smartphone, dalam keseharian kita tak pernah terpaku dengan aplikasi yang mempermudah kita. Seperti moda transportasi yang kini semakin dipermudah dengan adanya driver ojek online.

Namun, dengan adanya hal itu, moda transportasi tanpa teknologi tersebut kian tersingkir. Seperti penarik becak yang posisinya kini semakin terpinggirkan. Tak jarang kita melihat tukang becak tengah mencari rezeki tetapi sepi.

Seperti yang terekam dalam video TikTok yang diunggah @okaakh. Video viral yang diunggah pada 10 Juni lalu ini menuai atensi warganet. Hingga Jumat (22/7), sudah ditonton 2,7 juta kali dan menuai komentar lebih dari empat ribu, 

Dalam video tersebut, tampak seorang tukang becak yang telah tua berdiri terdiam di tengah hujan. Dengan jas hujan oranye, ia terlihat menatap sekeliling dengan raut wajah putus asa.

Diketahui, tukang becak tersebut telah menawarkan jasa becak motornya kepada penumpang. Namun, rupanya mereka memilih untuk naik taksi online. Sehingga jasanya tak laku.

"Bapaknya coba nawarin becak motor di saat hujan deras dan hampir semua pesen ****car. Sebenarnya hidup kita memang menderita atau kitanya kurang bersyukur?" tulis pemilik akun, dikutip brilio.net pada Jumat (22/7).


Banyak warganet yang merasa tersentuh hatinya. Mereka merasakan miris karena melihat kondisi tukang becak tersebut. Tak sedikit warganet yang ingin melakukan donasi. Ada pula yang teringat dengan sosok ayah mereka.

"Kasian jdih Soalny bpk ku juga tukang becak jdi suka sedih klo ga ad yg naek becak. sehat² pak, kata @aini2706.

"Ga tega liat ginian, tapi belum bisa bantu cuma bisa bantu doa," kata @shfdynprsttw.

"Open donasi kak," pinta @coffeoreoo.

"Open donasi ka pleas," kata @firda_fazriyah.

Melihat antusiasme warganet, untuk itulah pemilik akun membuka donasi yang telah dilakukan sejak 12 Juni lalu. Pemilik akun yang diketahui bernama Oka ini dibantu oleh teman-temannya untuk menggalang dana.

"Hai semuaa.. Video ini aku take di Stasiun Kutoarjo.. Saat ini aku enggak stay di sana. Aku coba bantu open donasi sebagai jembatan penghubung rejeki temen-temen ke bapak bentor," tulis pemilik akun.


Ia pun menjelaskan akan mengunggah mutasi rekening dan penyaluran dana secara bertahap di video TikTok. Sedikit demi sedikit dana donasi terkumpul cukup besar dalam waktu yang singkat.

Akhirnya donasi ditutup setelah tiga hari mengumpulkan donasi. Pemilik akun pun telah mendapatkan alamat dan data tukang becak motor tersebut. Sementara itu donasi yang terkumpul dari warganet senilai Rp 7.252.948.

"Hai semua. Untuk alamat lengkap bapak bentor sudah didapat, beliau bernama bapak Andi. Ini foto becak motor yang biasa beliau gunakan untuk mencari nafkah," tulisnya dalam keterangan video.

Usai cukup mengumpulkan donasi, wanita tersebut dan teman-temannya mengunjungi kediaman dari Pak Andi, tukang becak motor yang viral tersebut. Di huniannya yang sederhana, Pak Andi dan istrinya menyambut mereka.

Dalam video yang berbeda, wanita tersebut menyerahkan uang donasi yang diterima istri Pak Andi. Istri Pak Andi tak dapat menyembunyikan rasa bahagia bercampur haru saat menerima donasi tersebut.


"Terima kasih teman-teman online semua. Terima kasih meringankan sedikit beban Bapak Andi dan keluarga," pungkasnya, sambil mengunggah foto bersama dengan Pak Andi dan keluarga.







@okaakh #fyp ♬ TAK INGIN USAI SADVIBES VERSION - Sadvibes🥀



Sumber : Brilio.net

(*)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar