Skip to main content

Wastafel Canggih di Jepang untuk Mencuci Tangan Sekaligus Ponsel


Jepang identik dengan teknologi terdepan, salah satunya yang terbaru ketika diciptakan wastafel canggih yang tak hanya akan mencuci tangan Anda, tapi juga ponsel pemiliknya. Hal tersebut diketahui dari unggahan video seorang warganet bernama Sho Sawada dengan akun @shao1555 di Twitter.  

"Di McDonald's saat ini, mereka tidak hanya memiliki tempat untuk mencuci tangan tetapi juga untuk mencuci smartphone Anda..." ungkap Sho mengawali, dikutip dari akun Twitternya, Kamis (3/11/2022).

Seperti yang ditunjukkan video Sawada, beberapa McDonald's di Jepang telah memasang sistem wastafel yang dilengkapi dengan slot untuk "mencuci" ponsel cerdas. Ini adalah sistem yang disebut WOSH yang dikembangkan oleh perusahaan Jepang WOTA.

Mereka sangat terkejut dengan sistem yang diterapkan di wastafel. Ketika Sawada hendak mencuci tangan, mereka melihat slot benda yang tidak biasa tepat di sebelahnya dan setelah membaca instruksi, lalu terkejut karena secara otomatis wastafel juga mencuci ponselnya.

Wosh adalah tempat cuci tangan berkelanjutan yang bersama dengan wastafel berbasis air yang dapat digunakan kembali, menggunakan sistem siklus hidrologi dan lampu ultraviolet yang dalam untuk mendisinfeksi ponsel cerdas. WOTA mengatakan bahwa hanya dalam 30 detik, WOTA menawarkan 99,9 persen sterilisasi ponsel yang berarti sekaligus dapat mencuci ponsel saat mencuci tangan. 

Hal tersebut turut mempertimbangkan seberapa banyak orang menyentuh ponsel cerdas. Terobosan ini merupakan kemudahan yang patut dihargai dan dapat membantu menjaga kebersihan. 

Wastafel Portabel


Video yang disertakan dalam iklan kampanye WOSH diketahui dapat dipasang di mana saja, karena merupakan wastafel portabel yang bisa digeser maupun dipindah dan dibawa. Kemudian ada banyak warganet yang terkejut melihat sesuatu yang begitu "futuristik" di toilet McDonald's.

Para warganet pun meninggalkan komentar yang terkesan tentang teknologi baru tersebut. Juga di laman unggahan twitter milik Sho yang kini sudah ditonton 4,3 juta tampilan, dengan 11 ribu lebih retweet hingga disukai lebih dari 63 ribu.

"Apa-apaan ini, aku belum pernah melihat ini sebelumnya! Melihatnya saja membuatku ingin memasukkan ponselku ke dalamnya," komentar warganet.

"Mensterilkan smartphone... wow, bukannya aku benar-benar membersihkan ponselku di rumah, jadi ini ide yang bagus," lanjut warganet lainnya.

"Apakah saya satu-satunya yang bersemangat melihat smartphone masuk dan keluar?" sebut warganet. "Ini membuat saya menyadari betapa saya menyentuh ponsel saya," balas lainnya.

"Disinfeksi dengan sinar UV," tulis seorang warganet. "Mengekstrak informasi dari ponsel cerdas saya," sambung yang lain.

Wastafel Mampet


Mengutip dari Citizen Liputan6.com, Kamis 29 September 2022, Good Housekeeping Institude menyebut ada jenis makanan tertentu yang dapat menyebabkan cukup banyak kerusakan pada wastafel, pipa, saluran pembuangan, dan sistem pembuangan limbah di rumah. Oleh karena itu supaya kondisi pembuangan wastafel tidak mampet, berikut sampah yang tidak boleh dibuang di wastafel dapur. 

1. Tulang

Ide yang buruk untuk membuang tulang ke wastafel, sebab sisa-sisa tulang bekas makanan hanya akan berputar dengan bilahnya, tanpa pergi kemana pun. Jika mereka bisa melewati bilah, mereka pasti akan terjebak di pipa pembuangan. Hal inilah yang dapat menyebabkan penyumbatan dan kerusakan pada sistem pembuangan atau saluran wastafel.

2. Seledri

Sayuran berserat seperti seledri tidak boleh dibuang ke dalam saluran wastafel. Seledri seperti benang, saat dimakan akan mudah tersangkut dicelah-celah gigi atau gusi. Hal ini sangat memungkinkan hal yang sama akan terjadi jika seledri ada di pipa pembungan sampah. Saat mencoba membuang sampah seledri, itu akan terus menempel pada dinding pipa pembuangan. 

3. Ampas Kopi


Selain itu, kebanyakan orang tidak menyadari bahwa ampas kopi sebenarnya sebagai sampah yang bisa menyumbat saluran air. Meski terlihat seperti bulir-bulir debu kecil, tapi jika dalam jumlah banyak ia sama halnya seperti tanah yang dapat menumpuk tebal, kaku, padat, lalu menyumbat.

4. Minyak

Minyak memang terlihat cair, tetapi berbeda dengan air. Minyak adalah kontributor utama dalam urusan menyumbat saluran air pada wastafel. Hal ini dikarenakan minyak yang bercampur pada jenis sampah lain di dalam saluran pembuangan akan membentuk lumpur yang menjengkelkan dan sulit dibersihkan. Selain minyak, bahan baku lain dengan bahan dasar minyak, seperti saus, margarin, dan mayones sebaiknya juga jangan dibuang ke wastafel.

5. Beras

Bisa jadi Anda rajin membuang sampah sisa nasi, saat ingin mencuci piring atau wadah magic jar. Namun apakah Anda teliti saat mencuci beras sesaat sebelum memasak nasi? Jika tidak, mungkin Anda akan terkena masalah. 

Sumber : Liputan6.com

(*)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar