Skip to main content

Inilah hubungan istri kelima soekarno, Kartini Manoppo dengan Amanda Manopo dan kisah di balik marga Manoppo


Istri kelima Soekarno, Kartini Manoppo memiliki nama belakang yang sama dengan Amanda Manopo. Dengan kesamaan nama tersebut adakah hubungan spesial antara keduanya?

Diketahui Amanda Manopo adalah artis ternama Indonesia yang telah terjun di dunia seni peran sejak usia remaja, sedangkan Kartini Manoppo merupakan istri kelima Soekarno.

Nama Amanda Manopo semakin popular setelah dirinya membintangi sinetron Ikatan Cinta. Sementara Kartini Manoppo pernah berprofesi sebagai model dan pramugari selama belasan tahun lamanya.

Jika kamu bertanya-tanya apakah ada hubungan dekat antara Kartini Manoppo dengan Amanda Manopo, jawabannya akan ditemukan dalam artikel ini.

Sebelum mengetahui secara pasti hubungan kedua perempuan yang memiliki kesamaan nama belakang itu, kamu perlu mengetahui bahwa Manoppo adalah sebuah marga.

Marga Manoppo adalah marga yang berasal dari Minahasa, yang menyingkir ke Bolaang Mangondow, Sulawesi Utara yang mana diketahui sebagai kampung halaman Kartini Manoppo.

Kartini adalah seorang perempuan yang berasal dari keluarga terhormat yang lahir dan dibesarkan di Mobago, Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara.

Selain berprofesi sebagai pramugari Garuda, Kartini juga seorang model. Dia pernah dilukis oleh pelukis sohor Basuki Abdullah yang menjadi cikal bakal perjalanan cintanya dengan Soekarno.

Kartini Manoppo wafat di Jakarta pada 14 April 1990 dan dimakamkan di pemakaman umum di Kelurahan Kotobangun, Kecamatan Kotamobagu Timur, Kota Kotamobagu.

Sementara itu, pemlilik nama lengkap Amanda Gabriella Manopo Lugue merupakan anak dari pasangan Ramon Gauna Lugue yang berketurunan Filipina dan Spanyol, serta Henny Manopo Lugue yang berasal dari Minahasa.

Diketahui marga Manopo yang tercantum dalam dalam lengkap Amanda Manopo berasal dari sang ibu yang merupakan keturunan asli Minahasa, Sulawesi Utara.

Meski memiliki darah Minahasa, Amanda Manopo ternyata lahir dan besar di Jakarta pada 6 Desember 1999 dan hidup berbahagia bersama orang tua dan sang kaka Felicia Angelica Manopo.

Jika dilihat lewat profil yang ditampilkan, Kartini Manoppo dan Amanda Manopo memiliki darah keturunan yang sama, yakni Sulawesi Utara sehingga memiliki nama belakang yang sama.

Keduanya mendapatkan marga Manopo diketahui berasal dari keluarga terpandang sehingga diduga nenek moyang Kartini dan Amanda bukanlah orang sembarangan.

Namun, tampaknya tidak ada hubungan yang spesial antara Amanda Manopo dan Kartini Manoppo lantaran keduanya hidup pada rentang tahun yang jauh berbeda.

Mengenal kampung halaman Kartini Manoppo

Dilansir dari situs bolmongkab.go.id, Kabupaten Bolaang Mongondow adalah kabupaten di provinsi Sulawesi Utara, Indonesia. Ibu kotanya adalah Lolak. Etnis Mayoritas di kabupaten ini adalah Suku Mongondow.

Bahasa ibu penduduk asli di daerah ini adalah Bahasa Mongondow. Kabupaten Bolaang Mongondow ditetapkan pada tanggal 23 Maret 1954, terletak pada salah satu daerah Sulawesi Utara yang secara historis geografis adalah bekas danau.

Itulah tadi informasi terkait marga Manoppo yang melekat pada nama Kartini Manoppo dan Amanda Manopo yang ternyata memiliki daerah keturunan yang sama.

Sumber : Hops.ID

(*)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar