Skip to main content

Pahlawan Tanpa Tanda Jasa, 16 Artis Ini Juga Nyambi Jadi Guru dan Dosen


Seorang guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Perannya begitu besar dalam proses tumbuh kembang seorang anak, dan pekerjaannya sama sekali tak mudah.

Ilmu dan pengetahuan yang mereka berikan untuk kita jadi beberapa hal yang terus dibawa hingga akhir hayat. Maka dari itu, tak semua orang ingin menekuni pekerjaan yang mulia ini.

Namun, artis-artis berikut ini justru memilih terjun ke dunia pendidikan. Padahal karier mereka juga berjalan sangat baik di dunia hiburan.

Demi menjadi guru yang baik, mereka fokus menempuh pendidikan Magister (S2) hingga Doktor (S3) agar bisa menjadi dosen perguruan tinggi.

Beberapa ada juga yang memilih meninggalkan dunia hiburan dan terjun sepenuhnya sebagai guru dan dosen. Mereka masih aktif jadi guru dan dosen sampai sekarang. Misalnya, Desy Ratnasari, Marissa Haque, Susan Bachtiar, Sandy Nayoan, Saras Dewi, Herfiza Novianti, dan lainnya. Simak daftar lengkapnya di sini.

1. Desy Ratnasari


Pertama ada pelantun lagu galau sepanjang masa, "Tenda Biru". Yap, Desy Ratnasari memang serba bisa. Tercatat ia pernah menekuni dunia hiburan dan juga politik.

Gak hanya sukses di dunia hiburan sebagai aktris dan penyanyi, ia juga terjun ke dunia pendidikan sebagai dosen.

Sampai sekarang, Desy masih aktif jadi dosen Fakultas Psikologi di Universitas Atmajaya, Jakarta. Ia sudah menyelesaikan studi magisternya di kampus yang sama.

2. Marissa Haque


Istri Ikang Fawzi ini gak hanya cantik tapi juga cerdas, loh. Latar belakang pendidikannya keren banget.

Ia merupakan alumnus Fakultas Hukum Universitas Trisakti. Ia memiliki 2 gelar S2 yakni di bidang bahasa anak tuna rungu di Universitas Katolik Atmajaya dan magister administrasi bisnis (MBA) Universitas Gadjah Mada.

Marissa juga diketahui mendapat gelar doktor dari Pusat Studi Lingkungan Institut Pertanian Bogor dan saat ini masih aktif menjadi dosen di Universitas Trisakti dan Indonesia Banking School.

3. Susan Bachtiar


Aktris cantik Susan Bachtiar juga jadi salah satu artis yang terjun ke dunia pendidikan. Artis kelahiran 1973 ini sudah lama menjadi pengajar bahasa Inggris di TK St. Theresia dan juga guru di sebuah sekolah di kawasan Menteng.

4. Dono Warkop


Bukan rahasia kalau mendiang Dono Warkop adalah sosok yang luar biasa pintar. Pemilik nama asli Wahyu Sardono ini adalah seorang dosen di FISIP Universitas Indonesia jurusan Sosiologi sebelum meninggal.

Dono memang dikenal sebagai aktivis mahasiswa saat mengenyam pendidikan S1 Ilmu Sosial dan Politik Jurusan Sosiologi di UI yang terus berlanjut sampai ke gelar S2.

5. Wanda Hamidah


Selanjutnya, ada aktris sekaligus presenter Wanda Hamidah. Seperti Desy Ratnasari, Wanda juga aktif sebagai anggota DPR sekaligus dosen, nih.

Sudah beberapa kali Wanda jadi dosen tamu di beberapa universitas. Namun, ia juga ingin jadi dosen tetap. Makanya Wanda memutuskan untuk menyelesaikan pendidikan S3-nya demi meraih cita-citanya itu.

6. Muhammad Farhan


Muhammad Farhan memang multi talenta. Tak hanya jadi aktor, penyiar radio, presenter, dan juga politikus, tapi ia juga menjadi dosen tetap di Lembaga Pendidikan Interstudi, Jakarta. Profesi yang masih ia jalani sampai sekarang.

7. Sandy Nayoan


Ada lagi artis era 90-an yang memilih terjun sepenuhnya ke dunia pendidikan, adalah Sandy Nayoan. Pria kelahiran tahun 1970 ini berhasil mengenyam pendidikan hingga S2.

Kini, ia tercatat sebagai dosen tetap yang mengampu mata kuliah Pancasila di Universitas Gunadarma.

8. Saras Dewi


Penyanyi lagu "Lembayung Bali", Saras Dewi, memang sangat populer pada masanya. Mundur dari dunia hiburan, ia kini diketahui menjadi dosen di jurusan filsafat UI.

Ia memang sangat cerdas, bahkan berhasil meraih gelar doktor di bidang filsafat di usia yang cukup muda, yakni 29 tahun!

9. Maia Estianty


Maia Estianty juga dikenal peduli pada bidang pendidikan. Ia sempat diminta jadi dosen tamu di mata kuliah Kepemimpinan di jurusan Komunikasi, UI.

10. Reza Rahadian


Kecerdasan Reza Rahadian memang terlihat banget, ya? Tak cukup jadi aktor serba bisa, Reza juga menjadi dosen pengajar di Vokasi Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia.

Ia mengajar untuk mata kuliah Teknik Olah Vokal dan Akting. Tentunya satu mata kuliah yang ia kuasai dengan baik, kan?

11. Nagita Slavina


Nagita dikenal sebagai ibu yang luar biasa buat Rafathar dan Rayyanza. Mungkin, hal itu berasal dari pengalamannya ketika menjadi guru TK, geng. Keren banget, ya?

12. Dodit Mulyanto


Siapa yang menyangka kalau sosok Dodit Mulyanto yang kocak pernah menjadi guru sebelum sukses di dunia hiburan? Diketahui, ia pernah menjadi guru musik di SD dan SMP Katolik Santa Clara Surabaya, geng.

Tak itu saja, alumnus Stand Up Comedy Indonesia (SUCI) Kompas TV ini juga merupakan lulusan jurusan Pendidikan Geografi, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

13. Herfiza Novianti


Istri dari Ricky Harun ini memang sudah mundur dari dunia hiburan. Tak hanya untuk fokus mengurus keluarga, tapi juga agar fokus menjadi dosen tetap di Universitas Prof. Dr. Moestopo, Jakarta. Profesi yang ia jalani sampai sekarang.

14. Isyana Sarasvati


Tentunya kamu gak heran lagi kan, kalau musisi jenius Isyana Sarasvati sempat menjadi guru musik?

Tepatnya saat di Singapura, ketika mengenyam pendidikan di Nanyang Acadeny of Fine Arts, Singapura dan Royal College of Music, London.

15. Cinta Laura


Cinta Laura memang sangat suka dengan dunia pendidikan. Ia memiliki 2 gelar sarjana jurusan Sastra Jerman dan Psikologi yang bergengsi dari Universita Columbia, Amerika Serikat.

Cinta juga mengelola sekolah gratis untuk anak-anak kurang mampu di pedesaan. Ternyata, sebelum itu Cinta sudah menjadi guru sejak usia 9 tahun di yayasan Soekaseno milik sang kakek. Ia mengajar bahasa Inggris pada anak-anak asuh di sana.

16. Ellen Cherrybelle


Mungkin kamu sudah lupa-lupa-ingat sama sosok Ellen Nita. Mantan member girl group Cherrybelle ini memilih keluar dari grup yang membesarkan namanya itu pada 2016.

Ia lalu fokus meraih gelar S2 di Politeknik Negeri Malang dan memutuskan jadi dosen. Kini, ia sudah menjadi dosen PNS dan mengajar mata kuliah akuntansi di kampus almamaternya.

Akhir Kata

Nah, itu tadi deretan artis yang memutuskan untuk jadi guru dan dosen, di luar karier mereka di dunia hiburan.

Wah, sepertinya seru banget ya bisa diajar oleh salah satu dari mereka. Apakah kamu pernah mengalaminya?

Sumber : jalantikus.com

(*)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar